4 Tips Jitu Mengatur Gaji Bulanan Agar Lebih Efisien dan Terarah

Category : Manajemen Keuangan
4 Tips Jitu Mengatur Gaji Bulanan Agar Lebih Efisien dan Terarahby Belajar Trading Forexon.4 Tips Jitu Mengatur Gaji Bulanan Agar Lebih Efisien dan Terarahips Mengatur Gaji Yang Tepat – Berbicara gaji dalam masyarakat sering dibilang tabu karena itu termasuk hal privasi dan jarang sekali orang ketika sedang mengobrol menanyakan gaji orang lain. Kali ini kita akan bahas mengenai bagaimana cara mengatur gaji dengan benar. Sering kali kita mengalami masalah dalam sulitnya mengatur antara pengeluaran dan pemasukan agar tetap […]

Tips Mengatur Gaji Yang Tepat – Berbicara gaji dalam masyarakat sering dibilang tabu karena itu termasuk hal privasi dan jarang sekali orang ketika sedang mengobrol menanyakan gaji orang lain. Kali ini kita akan bahas mengenai bagaimana cara mengatur gaji dengan benar. Sering kali kita mengalami masalah dalam sulitnya mengatur antara pengeluaran dan pemasukan agar tetap stabil. Namun, sayangnya masih banyak yang belum tahu.

Kita akan mencoba untuk menyiasati hal ini. Oleh karena hal ini penting bagi semua kalangan dan semua waktu, ada baiknya untuk memahami dan mempraktekkan tips jitu mengatur gaji bulananagar lebih efisien.

Cara Mengatur Gaji Bulanan Secara Efisien

Tips jitu mengatur gaji

Ada 4 tips yang bisa anda ikuti, semoga mampu memberikan masukan serta tips bermanfaat untuk anda.

Merencanakan Anggaran Bulanan

Buatlah sebuah daftar rencana anggaran bulanan. Masukkan apa saja hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu seperti biaya makan, uang bensin atau ongkos kendaraan ke tempat kerja, tagihan air, listrik dan lain sebagainya. Ingat, bahwa utamakan hal yang primer terlebih dulu kemudian hal sekunder seperti uang untuk jalan, rekreasi atau refresing. Hal ini juga penting untuk berlibur sekali sebulan atau minimal setahun sekali setelah lelah bekerja dan tidak ada salahnya merehatkan diri, hati juga pikiran.

Mencatat Pengeluaran Harian

Pengeluaran harian yang menghabiskan uang sedikit demi sedikit sering tidak dirasa padahal ini cukup berpengaruh terhadap uang anda. Hal yang umum terjadi adalah berbelanja dengan jumlah nominal yang kecil seperti 10 ribu hingga 30 ribu untuk membeli jajan cemilan, pulsa, kuota dan lain sebagainya. Bila membeli barang dengan harga mahal sekaligus mungkin beda halnya, Contohnya : membeli helm seharga 300 ribu. Nah, barangnya terlihat.

Namun beda dengan membeli barang dengan uang recehan pasti tidak terasa dan sadar atau tidak sadar uang ketika uangnya habis banyak dan tidak sesuai perencanaan. Untuk itu penting mencattat pengeluaran anda. Agar nanti bila terjadi pengeluaran yang melebihi perkiraan bisa diminimalisir.

Bayar Tanggungan / Tagihan Bila Ada

Bila ada tanggungan, tagihan atau hutang. Ada baiknya melunasinya ketika sudah merencanakan anggaran bulanan. Tanggungan atau hutang ini cukup berat bila tidak tibayar atau dicicil tepat waktu karena biasanya akan membengkak jumlah bunganya. Tanggungan ada banyak jenisnya misalnya biaya listrik, air, utang bank, cicilan kendaraan, cicilan rumah dan lain sebagainya.

Sisihkan Sebagian Gaji Untuk di Tabung

Tabungan merupakan uang yang disimpan untuk tujuan tertentu. Bisa juga untuk menangani keperluan dana mendadak maka bisa memenuhinya tanpa harus berhutang. Uang tabungan bisa anda dapat dari menyisihkan gaji tiap bulannya. Idealnya untuk menyisihkan uang tabungan dari gaji adalah 10%. Misalnya gaji anda adalah Rp 2.500.000 maka 2.500.000 x 10/100 = Rp 250.000 adalah tabungan anda.

Begitulah kira-kira tips jitu mengatur gaji bulanan agar lebih efisien. Semoga dapat membantu anda dan bermanfaat. Share artikel ini agar sahabat, teman dan keluarga lain bisa membaca tips ini dan juga sukses memanage gajinya.

Tinggalkan Balasan